Rabu, 25 Desember 2013

Debat Menghasilkan Apa?

Pernah kah kalian merasakan debat? Kurasa semua pasti pernah merasakan debat, ketika waktu kecil bermain bola dengan teman-teman lalu perdebatan dimulai ketika salah satu diantara kalian saling menuduh untuk bisa mendapatkan yang nama nya posisi pinalti hehehe, lucu sih kalau kita bayangkan masa kecil kita. Terus kalian beranjak dewasa dan kini sudah remaja dan merasakan yang nama nya debat ketika sedang adu kelompok di sekolah (Bukan tawuran ya) melainkan
tugas dari guru untuk berdebat antar kelompok atau memecahkan suatu masalah.


Debat memang tidak lepas dari kehidupan kita, namun sebenarnya apa sih yang bisa dihasilkan dari debat? apakah itu berbentuk positif atau negatif? Sering kita melihat diberita orang berdebat yang ujung-ujung nya malah terjadi perkelahian atau parah nya terjadi pembunuhan. Jika kita telusuri sebenar nya debat itu memecahkan masalah atau menambah masalah? Contoh kecil saja ketika ada tugas kelompok dari guru, terkadang anggota kelompok bisa saja saling berdebat untuk menentukan siapa yang menjadi ketua hingga akhir nya jalan tidak ditemukan dan kelompok tersebut bukan nya terbentuk malah menyebar bagaikan pecahan botol.

Jika kita definisikan debat itu adalah memecahkan suatu masalah antara 1 orang atau lebih yang mempunyai pendapat/pola pikir dan disatukan untuk memecahkan masalah tersebut, jika kita telusuri memang bagus karena untuk memecahkan masalah besar dengan 1 orang lebih maka menemukan jalan yang efesien dan efektif semakin besar. Namun terkadang debat itu menghasilkan yang nama nya permusuhan jika keegoisan kita tidak bisa di kontrol saat berdebat. Egois di saat berdebat pasti ada karena kita mempunyai pendapat yang berbeda-beda dari orang lain, Namun jangan sampai nalar kita kalah cantik dengan egois, menerima pendapat yang lebih benar terkadang harus diterima dengan rasa sakit hati namun cobalah untuk mengambil hikmah nya bahwasan nya itu bisa menjadi ilmu yang bisa kita pelajarin untuk menjadi lebih baik lagi.

Kalau ditanya tujuan debat itu apa? ya itu tadi memecahkan suatu masalah dengan menerima pendapat yang lebih benar dengan nalar.  Pernah sekali aku berdebat (Berkali-kali sebenarnya) dan aku sadar memang akhir dari perdebatan yang kualamin berbuah perdebatan yang tidak sehat hingga akhir nya aku pun malas untuk berdebat.



Kesimpulan nya berdebat itu boleh asal jangan menggunakan emosi/egois yang tidak bisa di kontrol lalu satu hal penting lagi jangan berdebat hanya karena masalah sepele dan berdebat dengan orang yang mempunyai ilmu sedikit namun banyak omong, yang pada akhir nya kita sendiri yang stres.

Apa tindakan kalian jika menemukan teman kalian sedang berdebat dengan orang yang menurut kalian tidak pantas untuk diajak berdebat?

0 komentar:

Posting Komentar

Tidak Menerima SPAM,JUNK,OR SARA Tetapi Menerima Kritik yang membangun,Saran,dan Pujian yang tak hanya 1 kata atau 2 kata seperti (Infonya bagus). Komentar anda mewakili kepribadian anda dalam ber interaksi :)