Kamis, 17 April 2014

Pencapaian Yang Manis Oleh New Honda Blade 125 FI dan New Honda Vario 110 FI #MissionAccomplished

Suasana Acara Honda Injeksi no 1 di PRSU Medan
Tanggal 13 April 2014 menjadi saksi bagi para blogger dan masyarakat di medan, bahwasanya Honda telah menuntaskan misi menjadi pelopor sekaligus pertama, Produk motor Indonesia yang sepenuhnya menggunakan teknologi PGM-FI. Pertanyaan besar yang terbayang di kepala kita adalah, apa yang membuat Honda menjadikan produk-produk motornya harus menggunakan teknologi PGM-FI? Lalu apa sebenarnya PGM-FI itu?

PGM-FI (Programmed Fuel Injection) adalah sistem suplai bahan bakar yang menggunakan teknologi control berbasis elektronik pintar yang mampu mengatur pasokan bahan bakar dan udara secara efesien dan efektif di setiap keadaan. Hal tersebut berdampak besar pada penggunaan bahan bakar yang lebih terkontrol dan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Nah, jika masih belum mengerti bagaimana PGM-FI dapat membuat sebuah motor menjadi hemat BBM, berikut cara kerjanya:

Saya akan memberikan gambaran cara kerjanya agar mudah dimengerti, kita asumsikan ada 2 motor 110 cc dengan berbagai part mesin yang sama namun bedanya yang satu masih menggunakan tipe kaburator dan yang satunya lagi sudah menggunakan tipe PGM-FI. Nah, kedua motor tersebut bergerak dengan kecepatan sama, dari start awal hingga finish secara bersama-sama. Setelah di cek sisa bahan bakar pada masing-masing motor, motor dengan tipe PGM-FI ternyata masih tersisa lebih banyak dibanding dengan sisa bahan bakar dari tipe kaburator. Nah, bagaimana mekanisme cara kerjanya?


Foto dibawah ini akan menjelaskan secara garis besar, cara kerja dari sistem PGM-FI.


Sistem PGM-FI

Sensor adalah langkah pertama untuk mencapai sistem kerja PGM-FI, jadi sensor-sensor ini memberikan input kepada ECM ( Engine Control Module) berupa laporan tekanan udara masuk ke mesin,suhu udara mesin,suhu air pendingin pada mesin,putaran mesin, hingga sensor menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu pas, Untuk diproses hingga dikirim ke injector sebagai hasil dari proses yang di input atau disebut sebagai Output. Jadi, Injector akan bekerja atas dasar perintah dari ECM untuk menyemprotkan bahan bakar ke pembakaran sesuai kondisi motor yang telah di input oleh sensor-sensor tadi.

Dampak dari hal tersebut menjadikan mesin terkodinir untuk menghasilkan perfoma yang maksimal, khususnya pembuangan gas yang ramah lingkungan hingga penghematan pemakaian bahan bakar. Berbeda dengan tipe kaburator, yang bekerja tanpa data-data yang akurat sehingga pemakaian bahan bakar lebih besar dan buang gasnya juga lebih banyak karena tidak akurat dalam memproses mesin secara optimal.
Dan karena hal-hal tersebut Honda menggunakan teknologi PGM-FI yang merupakan satu-satunya pelopor di dunia sejak tahun 1981.

Komitmen Honda untuk ikut menjaga bumi dari polusi sangat di ancungi jempol, mengingat penggunaan sepeda motor di Indonesia sudah banyak sekali dan terus bertambah dari tahun ke tahun. Sehingga, Honda memberikan pelayanan produk yang baik untuk masyarakat dan juga lingkungan.

Hal tersebut sudah dibuktikan motor Honda sebagai motor injeksi paling banyak terjual di tahun 2013. Lalu di tahun 2014 ini, Honda telah berhasil menyelesaikan misi untuk pertama kalinya di Indonesia, seluruh produk motor Honda sudah dilengkapi teknologi PGM-FI. Pencapaian yang manis itu dicapai oleh 2 produk motor Honda yang terbaru yakni:

  1. New Honda Blade 125 FI
  2. New Honda Vario 110 Fi


Kedua motor tersebut ikut tampil sebagai icon dari tuntasnya misi sebagai Honda Injeksi no 1 Di Indonesia. Kesan pertama saya melihat New Honda vario 110 FI, terlihat perbedaan besar dari segi tampilan dibanding dengan pendahulunya. Berikut beberapa fitur dan teknologi yang membuat perbedaan besar dari pendahulunya :

  1. Kesan teknologi canggihnya sangat terasa, terlihat dari lampu depannya yang menggunakan LED yang lebih terang dan juga terlihat cantik dibanding lampu biasa. Keunggulan dari lampu LED juga sangat menghemat baterai aki sehingga bisa dipakai dalam waktu umur yang panjang, mengingat banyak sekali sekarang boomingnya penggunaan lampu LED yang menghemat konsumsi listrik.
  2. Dari segi bodynya terlihat lebih ramping dan sporty, serta desain warna yang terlihat garang. Niat untuk mencoba test drive pun saya coba, alhasil tarikan pertama sangatlah lembut namun cukup kuat di putaran pertama, akselerasinya juga lumayan cepat. Sangat cocok untuk penggunaan di kota-kota. 
  3. Bagasi yang cukup besar dan luas, muat menyimpan helm kecil, sepatu olahraga dan tas lempang.
  4. Adanya utility hook sehingga memudahkan pengendara membawa barang seperti Plastik belanjaan.
  5. Fitur yang paling special dan pertama di Indonesia adalah, “Answer back system remote”. Sama seperti kendaraan mobil pada umumnya, bedanya ini bukan alarm melainkan sebagai penanda letak posisi motor Honda yang diparkir dengan tanda lampu berkedap-kedip dan mengeluarkan suara yang khas.
  6. Panel Instrumen yang lebih informatif tentunya memudahkan pengendara mengetahui kondisi kecepatan dan sisa bahan bakar. Namun ada 1 fitur special yang sangat penting, yakni mengetahui kondisi apabila terjadinya permasalahan di mesin. Pembahasannya akan saya terangkan setelah membahas keunggulan New Honda Blade 125 FI.
Bagasi luas 
Remote Response already :)

Suspensi yang nyaman

Knalpot ? emisi buang gas yang ramah lingkungan

Nice design 

headlamp sudah LED


Panel Instrumen yang informatif


Lanjut untuk motor special yang kedua adalah, New Honda Blade 125 FI. Kesan pertama saya yang pertama adalah perubahan headlamp yang lebih sporty, layaknya motor sport. Nah langsung saja membahas beberapa fitur dan teknologi yang terdapat di New Honda Blade 125 FI dibanding pendahulunya :

  1. Mesin di upgrade menjadi 125cc, membuat motor ini memiliki perfoma yang lebih kencang dibanding pendahulunya, saat di tes drive, sangat terasa akselerasi yang kuat dan responsif. Apabila dipindahkan ke gigi 2 juga masih responsif untuk akselerasinya. Perpindahan gigi pun sangat terasa nyaman, bisa dikatakan sangat cocok untuk stop and go di perkotaan yang macet.
  2. Penambahan fitur disc brake belakang juga mengoptimalkan pengereman. Sangat cocok untuk stop and go.
  3. Desain yang  lebih sporty layaknya motor sport patut diancungi jempol untuk kelas 125cc, semua mata tertuju kepada anda? Who knows? Karena ini tampil beda.
  4. Panel Instrumen yang informatif dan juga terdapat penunjuk untuk mengetahui kondisi motor apabila terjadi permasalahan. Nah akan saya bahas dibawah ini.
Headlamp yang gagah

Terlihat, tampilan yang macho
PGM-FI Already :)

Penambahan Fitur Disc Brake di belakang
Panel Instrumen yang informatif

Well, pasti pada penasaran kan? Apa nama fitur untuk mengetahui kondisi motor apabila terjadi permasalahan? Now, here we go:

MIL (Malfunction Indicator Lamp) yang terletak di Panel Instrumen ini, berfungsi menandai adanya permasalahan pada mesin dengan kedipan lampu dengan rentang waktu yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi permasalahan. Berikut kode-kode kedipannya:

  • 1 Kedipan : Permasalahan di Manifold Absolute Pressure (MAP)
  • 7 Kedipan : Engine Oil Temperature (EOT) Engine Coolant Temperature (ECT)
  • 8 kedipan : Throttle Position (TP)
  • 9 Kedipan : Intake Air Temperature (IAT)
  • 12 Kedipan : Injector
  • 21 Kedipan : O2 Sensor
  • 29 Kedipan : Idle Air Control Valve (IACV)
  • 33 Kedipan : Engine Control Module (ECM)
  • 52 Kedipan : Crank Position Sensor (CKP)
  • 54 Kedipan : Bank Angle Sensor
"Fitur tersebut akan memudahkan mekanik mengetahui kondisi kerusakan"

Well, membahas fitur dan teknologi sudah. Sekarang yang menjadi permasalahan adalah pandangan masyarakat mengenai teknologi Injeksi yang katanya bikin ribet? Ada juga yang mengatakan kalau motor injeksi harus menggunakan bahan bakar pertamax, lalu jika ada kerusakan di motor injeksi tentunya motor akan mogok dan akan sulit untuk dibetulin oleh mekanik yang belum paham tentang injeksi. Well, saya akan mematahkan segala isu tersebut dengan memberikan beberapa fakta bahwa motor injeksi adalah bagian yang harus dari kehidupan kita sekarang.
  • Motor injeksi mesti menggunakan bahan bakar pertamax? Jawabannya tidak, bahan bakar premium pun juga bisa dan tentu saja aman tanpa merusak injeksi. Alasan banyak orang mengatakan menggunakan pertamax, bisa jadi untuk menghemat biaya subsidi pemerintah dan juga pertamax memang memiliki kualitas bahan bakar yang baik.
  • Motor injeksi cepat rusak/sulit dibetulin oleh mekanik biasa? Tenang saja, PGM-FI milik Honda digaransi selama 5 tahun ! Jadi, tak perlu khawatir jika mengalamin kerusakan, toh garansi yang diberikan merupakan garansi satu-satunya di Indonesia yang terbaik dan terlama! Dan terbaik untuk bengkel injeksi terbanyak di Indonesia ! dan yang lebih ngerinya lagi mekanik yang paham terhadap injeksi terbanyak di Indonesia ! Give a aplaus ! still worry? Don’t worry, be happy. Honda bring us easiness :D
  • Kalian mau tahu yang lebih special lagi? Injector Honda PGM-FI merupakan “Injector World Top Class Flow Control” yang mana memiliki keunggulan dalam menyemprotkan partikel bahan bakar paling terkecil di dunia dan memiliki kemampuan untuk mengontrol jumlah bahan bakar dengan presisi sekala minimum. Bravo ! ini memperkuat bahwa Honda PGM-FI bukan sembarang motor injeksi melainkan The Top Injection in the world !
Jadi, masikah anda ragu untuk membeli motor injeksi? Jika masih, maka saya katakan bahwa “Teknologi itu memudahkan pengguna” tidak ada teknologi itu membuat kita merasa ribet dan khawatir. Ada yang mudah? Kenapa harus memilih yang repot? Well, Honda PGM-FI sangat direkomendasikan untuk menunjang produktivitas anda sehari-hari. Hemat juaranya, no 1 teknologinya , dan tampil beda ! #MissionAccomplished
NB: Mengingatkan kepada seluruh pengguna motor Indonesia, safety riding merupakan hal yang wajib untuk dijadikan habit sehari-hari. Tidak perlu motor canggih jika tidak safety riding, sayangin tubuh anda karena mengendarai motor sama saja membawa nyawa kita ke jalanan yang penuh dengan resiko besar. So, keep safety riding. Tips nya biasakan dari hal kecil, seperti memakai helm walaupun tujuan tempat dekat, hanya sekedar ke warung saja. Well, pengendara yang baik adalah pengendara safety riding dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Salam One Heart ! :)


0 komentar:

Posting Komentar

Tidak Menerima SPAM,JUNK,OR SARA Tetapi Menerima Kritik yang membangun,Saran,dan Pujian yang tak hanya 1 kata atau 2 kata seperti (Infonya bagus). Komentar anda mewakili kepribadian anda dalam ber interaksi :)